Sambal Goreng yang Cocok Untuk Semua Lauk


Sambal goreng merupakan salah satu menu favorit yang sangat digemari masyarakat Indonesia ketika makan. Rasa pedas dari sambal dan gabungan dari lalapan yang disajikan membuat nafsu makan semakin bertambah. Sambel goreng sebenarnya banyak jenisnya. Namun pada umumnya sambel goreng biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat masakan yang pedas seperti ikan balado, ayam balado, telur balado, dan lain sebagainya.
Sambal goreng juga kebanyakan dinikmati dengan hidangan seperti ikan lele goreng, ayam goreng, nasi hangat, lalapan, dan lain-lain tergantung selera kamu. Sambel goreng sangat mudah sekali dibuat sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk membeli sambel goreng di luar.

Jenis Sambal goreng yang cocok untuk semua lauk
Sambal merupakan makanan khas Indonesia yang dibuat dari bumbu seperti cabai, gula, garam, bawang putih, bawang merah, tomat, daun salam, dan lain sebagainya. Sambel goreng merupakan bumbu-bumbu yang digoreng bersamaan dan menciptakan cita rasa yang pedas dan nikmat. Tergantung dari bahan yang digunakan sambel goreng ditambah ati ampela maka menjadi sambel goreng ati ampela. Sambel goreng memang sering dinikmati bersama hidangan lain dan juga nasi.
Sambal memang menjadi suatu hidangan yang tak bisa dilepaskan dari kuliner Indonesia. Setidaknya ada sekitar 100 variasi sambal yang dibuat. Hal ini menunjukkan betapa kayanya jenis kuliner indonesia. Pada jaman colonial belanda asisten rumah tangga yang paling mahal adalah yang bisa membuat sambal yang enak.

Cabai pada jaman Jawa kuno, menjadi komoditas perdagangan yang langsung dijual. Inilah mengapa cabai menjadi bahan makanan yang populer di Indoensia. Saking banyaknya jenis-jenis resep sambal, tentu hal inilah yang menambah kekayaan Indonesia. Kebiasaan masyarakat Indonesia yang tidak bisa makan tanpa sambal membuat kamu harus tahu bagaimana cara membuat sambal yang enak.
Berbagai jenis sambal bisa kamu temukan seperti sambal terasi, sambal tomat, sambal teri, sambal kering, sambal kecap, sambel goreng kentang, dan masih banyak lagi variasi menu sambal.

Sambal Goreng Tomat

Sambel goreng tomat merupakan salah satu sambel goreng yang paling mudah untuk dibuat. Selain rasanya yang segar, tetapi juga pedas dan nikmat yang membuat nafsu makan kamu akan semakin bertambah.
Sambal goreng tomat sangat pas untuk disajikan bersama dengan beragam jenis lauk yang digoreng atau dibakar. Sambel goreng tomat juga bisa kamu nikamti pada siang dan malam hari. Biasanya sambel goreng juga disajikan bersama dengan lalapan. Selain itu juga, tomat yang mengandung banyak gizi dan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat samb
al ini adalah 12 buah cabai rawit, 4 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, 1 buah tomat, 1 sendok gula merah atau potong sebesar biji salak, garam, penyedap lainnya, dan minyak goreng.
Setelah bahan-bahannya siap, maka langkah selanjutnya adalah ulek sampai halus cabai, bawang merah, bawang putih, kemudian masukan tomat. Pastikanlah untuk menggunakan tomat segar. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng secukupnya. Setelah panas, masukkan bahan yang sudah halus tadi dan tumis hingga matang.

Sambal goreng Terasi

Resep sambal ini tidak berbeda jauh bumbu yang digunakan dengan sambel goreng tomat. Cukup tambahkan terasi pada olahan yang kamu buat.

Sambal goreng Spesial

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal ini adalah cabe rawit merah, cabe merah besar, bawang putih, bawang merah, garam, terasi, tomat, dan minyak goreng. Cara pembuatannya sangat mudah. Pertama haluskan semua bahan dengan ulekan sampai halus. Kemudian panaskan minyak goreng dan masukkan sambal yang sudah dihaluskan. Goreng sebentar lalu angkat. Sambal goreng juga juga dapat disajikan sebagai saus dan bisa ditambahkan dengan bahan lain seperti kentang, ikan teri, petai, dan lain-lain sesuai selera kamu.

Sumber: http://cobektv.blogspot.com
Location: Lasem, Rembang Regency, Central Java, Indonesia

0 comments:

Post a Comment